KPU Kebumen koordinasikan Pembentukan PPS dan Sekretariat PPK dengan Dinas Terkait
KPU Kebumen koordinasikan Pembentukan PPS dan Sekretariat PPK dengan Dinas Terkait
KPU Kebumen gelar Rapat Koordinasi Persiapan Pembentukan PPS dan Sekretariat PPK, Kamis (13/02), di Ruang Rapat Kantor KPU Kebumen, Jl. Arung Binang 14. Tujuan kegiatan ini adalah untuk melancarkan proses pembentukan Badan Penyelenggara Ad Hoc Pilbup Kebumen 2020.
Ketua KPU Kebumen, Yulianto, dalam sambutannya menyampaikan bahwa proses perekrutan Badan Penyelenggara Ad Hoc untuk Pilbup 2020 saat ini telah sampai pada tahap wawancara PPK yang hasilnya akan diumumkan pada tanggal 15 Februari 2020. Agenda selanjutnya adalah perekrutan PPS serta pembentukan sekretariat PPK.
Hadir sebagai narasumber, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten Kebumen, Drs. Agus Susanto, M.Si. Dalam materinya, Agus Susanto menyampaikan bahwa pelaksanaan Pilbup 2020 ini membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, utamanya dukungan dari masing-masing Kecamatan se-Kabupaten Kebumen. “Dukungan tersebut dapat berupa dukungan SDM, dukungan Sosialisasi dan dukungan Sarana Prasarana,” ujarnya.
Lebih lanjut ia menjabarkan, dukungan SDM yaitu berupa pembentukan Sekretariat PPK yang berasal dari ASN di Kecamatan. Sekretariat PPK ini terdiri dari 3 personil yang akan menjabat sebagai Sekretaris, Staf Keuangan dan Staf Pelaksana Teknis. Sementara dukungan Sarana dan Prasarana yaitu dalam bentuk penyediaan ruang dan fasilitas lainnya yang akan digunakan sebagai ruang sekretariat PPK. Sedangkan dukungan Sosialisasi, Kecamatan dapat membantu dalam proses sosialisasi yang diharapkan dapat meningkatkan partisipasi pemilih.
Acara ini dihadiri oleh seluruh Camat atau yang mewakili dari 26 Kecamatan se-Kabupaten Kebumen dan dinas terkait seperti Polres Kebumen, Kodim 0709, Dinkes, Kesbangpol dan media lokal.