Polling

Bagaimanakah kinerja instansi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Kebumen - Sebagai bentuk semangat keterbukaan informasi publik dan kebersaaan serta dalam rangka mensukseskan seluruh tahapan pemilu yang tengah berjalan, KPU Kabupaten kebumen mengundang insan media baik cetak maupun elektronik dalam sebuah acara “Ayo Ngiyup Ngobrol Pemilu Ing Omah Pemilu ”. Acara ini berlangsung pada hari jum’at tanggal 23 November 2018 pukul 09.00 – 11.30 wib dan bertempat di ruang Rumah Pemilu kantor KPU Kabupaten Kebumen. Suasana berlangsung penuh keakraban serta diisi dengan diskusi terkait kepemiluan khususnya tahapan yang telah dan sedang berlangsung saat ini. Acara dipimpin oleh ketua KPU Kabupaten Kebumen sekaligus membawahi Divisi Rumah Tangga dan Logistik yakni Yulianto, S.Kom., M.Kom. Acara diawali dengan perkenalan seluruh komisioner yang hadir yakni Dzakiyatul Banat, S.Pd., M.Pd., selaku Divisi Data dan Informasi, Agus Hasan Hidayat, S.Si., M.T. selaku Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM. Selanjutnya Solahudin, S.T. selaku Divisi Hukum dan Pengawasan. Sedangkan satu anggota tidak dapat hadir dalam pertemuan tersebut yakni Danang Munandar, S.E. selaku Divisi Teknis Penyelenggaraan dikarenakan sedang menjalankan tugas menghadiri rakor pada divisi yang bersangkutan di Semarang Jawa Tengah.  Adapun diskusi yang mengemuka dalam acara tersebut antara lain mulai dari proses pemutakhiran data pemilih beserta problematikanya, program sosialisasi dan pendidikan pemilih serta permasalahan kampanye sampai dengan pelaporan dana kampanye dari peserta pemilu baik pasangan presiden dan wakil presiden maupun partai politik.


Pemutakhiran data Pemilih

Sesuai dengan yang disampaikan komisioner Dzakiyatul Banat selaku divisi data dan informasi, proses pemutakhiran pemilih data pemilih yang dimulai dengan sinkronisasi data kependudukan dari kemedagri dan data pemilu sebelumnya sehingga menjadi DPS kemudian menjadi DPSHP DPT dan dilanjutkan dengan DPTHP-1 dan terakhir sampai pada tahap DPTHP-2 dapat terlaksana dengan baik. Pelaksanaan pleno penetapan DPTHP-2 berlangsung pada hari senin tanggal 12 November 2018 bertepat di hotel Candisari Karanganyar serta dihadiri pihak Dispendukcapil, Parpol, undangan dari Muspimda dan seluruh PPK se-kabupaten Kebumen. Dalam acara silaturahi dengan insan media sempat terjadi diskusi yang cukup menarik terkait kasus bagaimana apabila ditemukan status pemilih yang dikategorikan gila, apakah dalam pemenuhan syarat harus melalui keterangan pihak yang berkopeten dibidangnya atau cukup hanya dari keterangan keluarga atau masyarakat karena terdapat statemen dari anggota KPU pusat yang menyatakan bahwa orang gila tetap dapat memiliki hak memilih namun wajib memenuhi persyaratan yang ditentukan. 


Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih serta SDM

Sosialisasi tahapan pemilu dan pendidikan pemilih telah dan sedang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten kebumen melalui beberapa program yang telah dicanangkan oleh KPU RI sebagai strategi sosialisasi pemilu yakni antara lain program Goes to School, Goes to Campus, pendidikan pemilih berbasis keluarga dan juga pendidikan pemilih bagi penyandang disabilitas. Agus Hasan Hidayat selaku Divisi Sosialisasi, Pendidikan pemilih dan SDM menjelaskan bahwa program-program tersebut sedang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten kebumen. Beberapa diantaranya telah dilaksanakandi di SMK Wongsorejo Gombong, SMK Muhamadiyah Kutowinangun, SMK Ristek Rowokele, SMK Taruna Abdi Bangsa Mirit, SMK Ma’arif 3 Somalangu serta SMK Taman Karya Madya Kebumen yang seluruhnya rata-rata diikuti oleh 100 siswa sebagai pemilih pemula dan masih direncanakan beberapa sekolah yang akan dilakukan sosialisasi untuk pemilih pemula. Sedangkan program Goes To Campus telah dilaksanakan di kampus STIE Putra Bangsa Kebumen dan PGSD UNS Kebumen. Agenda Goes To Campus selanjutnya direncanakan dilaksanakan pada minggu keempat bulan November 2018 bertempat di STIKes Muhamadiyah Gombong, STT Muhamadiyah Kebumen, IAINU Kebumen, UMNU Kebumen serta STIS Prembun. Program pendidikan pemilih berbasis keluarga dilaksanakan di Jatiroto kec. Buayan, Lembupurwo kec. Mirit, dan Pucangan kec. Sadang serta desa-desa lain dengan mempertibangkan data prosestase partisipasi pemilih pada pemilu sebelumnya. Sedangkan pendidikan pemilih penyandang disabilitas direncanakan bekerjasama dengan Rumah Komunitas Disabilitas yang berada di kec. Pejagoan serta komunitas bisu dan tuli di kec kebumen.  Adapun materi sosialisasi pemilu yang disampaikan sesuai materi yang di programkan oleh KPU RI yaitu Pemahaman apa itu pemilu, maksud dan tujuan pemilu, kedaulatan rakyat atau pemilih, peserta pemilu, tata cara memilih, dsb. sehingga masyarakat lebih memahami pentingnya pemilu bagi arah perjalanan negara dan bangsa melalui pemimpin yang baik sesuai kehendak rakyat. Disamping itu target partisipasi berupaya dicapai karena telah dicanangkan oleh KPU RI sebesar 77,5 %.


Hukum dan Pengawasan Kampanye

Solahudin, S.T. selaku Divisi Hukum dan pengawasan kampanye meaparkan terkait progra-program yang berkaitan dengan tahapan kampanye yang sedang berlangsung. Salah satu yang terpenting adalah mengenai pelaporan dana kampanye peserta pemilu karena dapat beriplikasi pada pembatalan sebagai peserta pemilu bahkan pembatalan sebagai calon terpilih dala pemilu jika tidak dilakukan pelaporan dana kampanye. Untuk di kabupaten kebumen, Laporan Awal Dana Kampanye telah dilakukan oleh seluruh partai politik pada tgl 22-23 september 2018 sehingga dapat dinyatakan seluruh peserta pemilu dari partai politik telah memenuhi kewajibannya untuk melaporkan dana awal kampanye masing-masing sedangkan laporan peneriaan subangan berlangsung sapai dengan 1 januari 2019. Terkait pelaksanaan kampanye baik kampanye terbatas maupun tatap muka serta penyebaran bahan kampanye dan peasangan alat peraga kampanye saat ini belum ada permasalahan yang berarti dilihat dari rekomendasi atau pemberitahuan oleh jajaran Bawaslu kabupaten kebumen. Sedangkan alat peraga kapanye yang difasilitasi oleh KPU kabupaten kebumen berupa baliho dan spanduk masih belum banyak yang dipasang oleh peserta pemilu meski sudah secara resmi diserahterimakan dari KPU Kabupaten kebumen kepada partai politik peserta pemilu dan DPD serta Pasangan calon presiden dan wakil presiden pada tanggal 10 november 2018. KPU Kabupaten Kebumen juga memasang baliho sosialisasi peserta pemilu ditiap kecamatan di kabupaten kebumen dan saat ini sedang dilaksanakan peasangannya secara bertahap.


KPU Kabupaten kebumen berharap jalinan silaturahi dan kerjasama informasi terkait kepemiluan dengan berbagai pihak khususnya media cetak dan elektronik dapat terus berlangsung dengan baik sehingga menghasilkan pemilu yang sukses baik sukses secara prosedural maupun sukses secara substansial.