Polling

Bagaimanakah kinerja instansi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Kebumen - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kebumen menggelar kursus kepemiluan pada tanggal 20 - 21 Oktober 2018 di D'Emmerick Salib Putih Hotel Salatiga. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka penguatan kapasitas internal KPU Kabupaten Kebumen.

Kursus kepemiluan bertujuan untuk memberikan penguatan tentang proses politik dan sistem kepemiluan dalam Pemilu 2019 mendatang. Ilmu kepemiluan disampaikan oleh Paulus Widiyantoro, SE, MM selaku Anggota KPU Provinsi Jawa Tengah yang menyempatkan hadir dalam acara tersebut.

Ketua KPU Kabupaten Kebumen, Khusnul Khotimah, S.Sos menyampaikan bahwa pentingnya penguatan SDM di KPU Kabupaten Kebumen harus terus ditingkatkan. Hal ini dapat menjadi acuan untuk membangun kerjasama tim yang baik dalam menyelesaikan tugas - tugas kepemiluan. Sehingga dengan SDM yang handal dan berkualitas akan melancarkan proses perencanaan, tahapan kepemiluan dan hasil Pemilu 2019 yang lebih baik.

Penguatan kapasitas SDM difasilitasi oleh narasumber dari Lisensi ESQ Leadership Center, Novriza, A, P dengan materi Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Seminar. Potensi SDM yang telah dilaksanakan baru sekitar 25%, maka potensi 75% harus digali dan  terus dikembangkan. Melalui ESQ mencoba untuk mengkonvergensikan secara tepat antara kecerdasan emosi (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) dengan didasarkan pada nilai-nilai yang dianut, yaitu Islam dan pengalamannya. Meskipun EQ, IQ, dan SQ memiliki muatan yang berbeda namun sama-sama penting untuk dapat bersinergi satu sama lain. Sebuah penggabungan gagasan energi tersebut menyusun metode yang lebih dapat diandalkan dalam menemukan kebenaran yang hakiki termasuk dalam penguatan kapasitas SDM.

Penguatan Kapasitas SDM internal KPU Kabupaten Kebumen juga dilakukan melalui metode outbound. Hal ini ini bertujuan untuk membangun hubungan yang lebih akrab antara karyawan dan membangun kerjasama tim yang solid. Selain itu juga outbound menjadi perantara dalam mengasah ketangkasan, kesigapan, dapat membentuk rasa percaya diri, sikap pemberani dan menumbuhkan rasa sosial, sehingga tercipta kekompakan tim dalam bekerja. Outbound dilakukan pada hari Minggu, 21 Oktober 2018 pukul 08.00 WIB di Pitu Outbound d'Emmerick Hotel Salatiga.