Polling

Bagaimanakah kinerja instansi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Kebumen - Dalam rangka Pemilu 2019, KPU Kabupaten Kebumen terus menggencarkan sosialisasi Pemilu 2019 kepada pemilih pemula. Melalui pogram KPU Goes to School setidaknya dalam waktu satu minggu telah melakukan sosialisasi ke 2 (dua) sampai dengan 3 (tiga) sekolah - sekolah yang ada di Kabupaten Kebumen.

Pada tanggal 14 November 2018 pukul 10.00 WIB, KPU mengadakan sosialisasi kepada pemilih pemula di SMK Muhammadiyah Kutowinangun. Peserta yang mengikuti sosialisasi berjumlah 87 peserta dari kelas XII. Acara dimulai dengan sambutan dari Kepala SMK Muhammadiyah Kutowinangun. Materi sosialisasi disampaikan oleh Anggota KPU Kabupaten Kebumen, Agus Hasan Hidayat, MT mengenai arti penting Pemilu dan pemilih pemula dalam Pemilu 2019. Untuk menambah antusiasme siswa dalam memahami materi dilakukan metode dialog interaktif serta pembagian doorprize bagi yang secara aktif menjawab pertanyaan - pertanyaan seputar kepemiluan.  

Sosialisasi Pemilu 2019 kepada pemilih pemula juga telah dilaksanakan di SMK Ristek Rowokele pada tanggal 15 November 2018 pukul 10.00 WIB. Jumlah peserta yang mengikuti sosialisasi tersebut adalah 160 siswa yang berasal dari kelas XI dan kelas XII. Acara sosialisasi dibarengi dengan pemilihan Ketua OSIS SMK Ristek Rowokele yang telah menerapkan budaya demokrasi melalui pemungutan suara dalam menentukan Ketua OSIS tersebut.  Pada saat pemungutan suara pemilihan Ketua OSIS tempat telah didesain sedemikian rupa selayaknya TPS Pemilihan Umum pada saat pemungutan suara. 

Sosialisasi Pemilu 2019 di paparkan oleh Anggota KPU Kabupaten Kebumen, Solahudin, ST. Dalam pemarannnya dijelaskan bahwa arti penting pemilih dalam menentukan keberhasilan proses pemilihan umum dan menentukan nasib negara Indonesia selama 5 tahun yang akan datang. Selain itu juga di jelaskan bahwa Pemilu 2019 berbeda dengan Pemilu sebelumnya. Pemilu 2019 dilaksanakan serentak mulai dari DPR RI, DPRD Provinsi,  DPRD Kabupaten/Kota, DPD RI, ditambah pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. 

Harapannya  melalui sosialisasi Pemilu 2019 ini dapat menjadi sarana pendidikan politik ke masyarakat khususnya kepada pemilih pemula agar meraka memahami pemilu dan polik sehingga melahirkan pemilih yang berkualitas.