Polling

Bagaimanakah kinerja instansi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Kebumen - Dalam rangka Pemilihan Umum Tahun  2019, KPU Kabupaten Kebumen melakukan sosialisasi kepada pemilih pemula. Sasaran pemilih pemula adalah sekolah - sekolah menengah atas dan kejuruan yang telah memenuhi usia minimal 17 tahun. Sekolah pertama yang menjadi target sosialisasi Pemilu 2019 adalah SMK wongsorejo Gombong Kebumen pada hari Selasa, 13 November 2018 pada pukul 09.00 WIB. 

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 80 peserta yang meliputi kelas XI dan kelas XII yang sudah memiliki hak pilih yaitu 17 tahun dan memiliki KTP-el atau yang akan memiliki hak pilih pada Pemilu tanggal 17 April 2019 mendatang.

Materi sosialisasi disampaikan oleh Ketua KPU Kabupaten Kebumen, Yulianto, S.Kom, M.Kom. Dalam penyampaiannya dijelaskann materi Pemilu secara umum, baik mengenai pemilih, penyelenggara pemilu, dan peserta Pemilu 2019. Selain itu juga disampaikan pentingnya partisipasi pemilih dalam penyelenggaraan Pemilu 2019.

Metode penyampaian sosialisasi Pemilu 2019 kepada pemilih pemula tidak monoton yaitu dengan dialog interaktif didukung dengan pembagian doorprize . Selain itu juga menghimbau bahwa pentingnya perekaman KTP elektronik sebagai syarat untuk dapat menyalurkan suara hak pilihnya dalam Pemilu 2019. Ketua KPU Kabupaten Kebumen juga mengajak pemilih generasi milenial untuk lebih melek dalam politik sehingga tidak ada golongan putih atau golput dan tingkat partisi pada Pesta Demokrasi 2019 mendatang lebih meningkat. Sosialisasi dilaksanakan untuk memberikan pemahaman dalam pemilu serentak sehingga pemilih pemula tidak apriori terhadap politik yang berkembang.