Polling

Bagaimanakah kinerja instansi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Tajamkan Visi Misi Paslon, KPU Kebumen Gelar Debat Publik

Berita Terbaru 06 Desember 2020 09:27:06 WIB dya dibaca 49 kali

Masa tahapan kampanye pemilihan Bupati Kebumen 2020 berakhir pada tanggal 5 desember 2020. Pada hari terakhir masa kampanye tersebut diakhiri dengan acara Debat Publik berupa penajaman visi dan misi pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Kebumen tahun 2020 H. Arif Sugiyanto dan Hj. Ristawati  Purwaningsih, S.ST, MM. KPU Kabupaten Kebumen menggelar fasilitasi kampanye dengan metode Debat Publik berupa penajaman visi dan misi selama masa kampanye sebanyak dua kali yaitu pada tanggal 4 November 2020 pukul 19.30 -21.30 wib yang dilaksanakan di studio Ratih TV Kebumen dan yang kedua pada tanggal 5 Desember 2020 pukul 19.30-21.30 yang dilaksanakan di hotel Mexolie Kebumen. Debat kedua ini sebelumnya direncanakan tanggal 25 November 2020 namun batal digelar karena paslon mengajukan pengunduran pelaksanaan debat dengan alasan sakit melalui surat resmi yang dikirimkan ke KPU Kabupaten Kebumen pada tanggal 24 November 2020.

Debat pertama yang dilaksanakan pada tanggal 4 November 2020, acara dimulai dengan pembukaan berupa sambutan ketua KPU Kabupaten Kebumen Yulianto S.Kom., M.Kom dan dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipandu oleh Drs. H. M. Khamid, M.Pdi selaku sekretaris MUI kabupaten Kebumen. Dalam debat pertama ini selaku moderator acara adalah Andreas Pandiangan, M.Si. dengan panelis debat berjumlah 5 orang yaitu DR. Muchlas Arkanudin, M.T. (Rektor UAD Yogyakarta), DR. Drs. H. Muh. Khambali, SH., MH (WR I UnProk45 Yogyakarta), DR. Gunarso Wiwoho, S.E., M.M. (ketua STIE Putra Bangsa Kebumen), DR. Hj. Herniyatun, M.Kes., Sp.Mat. (ketua STIKES Muhammadiyah Kebumen) danIr. H. Junaedi Faturohman, M.Si. (ketua Geopark Karangsambung Kebumen). Tema debat pertama ini adalah Peningkatan Kesejahteraan dan Pelayanan Masyarakat yang terbagi dalam 6 segmen. Segmen pertama berupa pemaparan visi dan misi paslon, segmen kedua dan ketiga berupa pembacaan pertanyaan dari panelis oleh moderator dan dijawab oleh paslon, segmen keempat dan kelima berupa penayangan video tematik yang diikuti pembacaan pertanyaan panelis oleh moderator serta video pertanyaan dari masyarakat untuk diberikan jawaban oleh paslon dan segmen keenam berupa statemen penutup oleh paslon. Pada pelaksanaan debat kedua yang dilaksanakan tanggal 5 Desember 2020 diambil tema yaitu Penyelesaian Permasalahan Daerah dalam Bingkai NKRI dan Kebangsaan. Debat kedua ini dibuka dengan sambutan ketua KPU kabupaten Kebumen Yulianto S.Kom., M.Kom dan dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Drs. H. M. Khamid, M.Pdi selaku sekretaris MUI kabupaten Kebumen. selanjutnya proses Debat kedua dipandu oleh moderator A.M. Iqbal Fais, S.H. seorang praktisi penyiaran dan public speaking. Sedangkan panelis pada debat kedua masih sama dengan panelis pada debat pertama serta segmen pada debat kedua ini sama dengan debat pertama yang terbagi dalam 6 segmen.

Penyelenggaraan kedua debat sebagai fasilitasi kampanye oleh KPU Kabupaten Kebumen ini tetap memenuhi protokol kesehatan penanggulangan covid-19 sesuai ketentuan PKPU 13 tahun 2020 tentang pelaksanaan pilkada lanjutan ditengah pandemi covid-19. Dalam ketentuan tersebut tamu undangan yang boleh berada dalam arena debat adalah 4 orang tim kampanye paslon, 2 orang bawaskab dan 5 orang komisioner kpu kabupaten. Sebagai tujuan akhir debat adalah terfasilitasinya kampanye paslon dalam rangka menyampaikan visi dan misinya kepada masyarakat khususnya pemilih sehingga dapat lebih dipahami dan dapat mengambil keputusan pilihan berdasarkan rasionalitas dan kesadaran yang dimiliki. Seperti diketahui bahwa pemilihan Bupati Kebumen dilangsungkan dengan 1 pasangan calon sehingga pemilih di TPS akan diberikan pilihan memilih pasangan calon atau memilih kolom kosong. Sesuai ketentuan PKPU 14 tahun 2015 yang terakhir dirubah dengan PKPU 20 tahun 2020  tentang pelaksanaan pilkada dengan 1 pasangan calon pada pasal 18 disebutkan bahwa Pemberian suara Pemilihan 1 (satu) Pasangan Calon dilakukan dengan cara mencoblos 1 (satu) kali pada kolom yang memuat foto atau nama paslon atau mencoblos pada kolom kosong tidak bergambar.

Pilbup Resik, Kebumen Apik.