Polling

Bagaimanakah kinerja instansi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Kebumen – Pengamanan Pemilihan Umum Tahun 2019 dilakukan oleh sejumlah personel Polres Kabupaten Kebumen di Halaman Kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kebumen, Jumat (08/02/2019).  

Simulasi dimulai pada pukul 14.00 WIB, diikuti oleh warga berperan seolah-olah menjadi demonstran yang menganggap bahwa penghitungan hasil perolehan suara yang dinilai ada kecurangan pada hasil pemungutan suara karena pasangan yang dipilih tak menang, sehingga menuntut untuk hitung ulang.

Tindakan pertama oleh polisi yaitu melakukan negosiasi dengan warga. Namun ada sebagian warga yang terus memprovokasi bahwa penyelenggara pemilu sudah tidak netral dan terdapat kecurangan. Sehingga warga menjadi anarkis dan terjadi aksi saling dorong dengan petugas. Situasi ini merupakan bentuk dari pengamanan kantor dari anarkisme warga yang tidak dapat menerima hasil penghitungan suara.

Simulasi ini bertujuan sebagai latihan teknik pengendalian massa oleh personil. Latihan ini  dilakukan untuk mengulas kembali pengamanan sebelumnya pada Pilgub Jateng 2018 lalu. Melalui simulasi tersebut diharapkan dapat menjadi gambaran untuk personel untuk menghadapi kemungkinan terburuk pada Pemilu mendatan, sehingga terciptalah kelancaran Pemilu yang aman.

Personel dituntut untuk siap menghadapi demonstrasi yang menerjunkan massa dalam jumlah besar, serta mengantisipasi terjadinya anarkis. Kemudian melakukan solusi untuk mengantisipasi kericuhan apabila terdapat perbedaan pendapat pada Pemilu 2019 mendatang. Latihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan dan meningkatkan porsi latihan untuk Pileg dan Pilpres 2019. Sehingga Pemilu Tahun 2019 dapat berjalan