Polling

Bagaimanakah kinerja instansi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Kebumen - Pemungutan Suara Pemilu 2019 tinggal 1 hari lagi, untuk itu KPU Kabupaten Kebumen menggelar rakor persiapan pemungutan dan penghitungan suara pada pukul 09.00 WIB pada hari Selasa, 16 April 2019 di Kantor KPU Kabupaten Kebumen.

Acara turut mengundang Bupati Kabupaten Kebumen, Dinas dan Instansi terkait di lingkungan Kabupaten Kebumen, Bawaslu Kabupaten Kebumen dan Media.

Sambutan Ketua KPU Kabupaten Kebumen, Yulianto, M.Kom mengawali jalannya acara. Dalam sambutannya beliau menyampaikan laporan terkait dengan kesiapan pemungutan suara Pemilu 2019. Proses distribusi di tingkat PPK mulai tanggal 9 hingga 14 April 2019, dilanjutkan dengan distribusi ke tingkat PPS yang dimulai tanggal 13 April 2019. Proses rekapitulasi penghitungan suara yaitu dokumen akan diunggah pada aplikasi Situng melalui tahap entry, pindai, dan dan validasi yang dapat ditampilkan kepada publik. Selain itu, terkait dengan layanan TPS di Rumah Sakit, KPU sudah menyiapkan  tim yg akan melayani di Rumah Sakit. Proses pelayanan di Rumah Sakit mulai pukul 12.00-13.00 WIB. KPU Kabupaten Kebumen memohon doa kepada semua pihak untuk kelancaran Pemilu 2019.

Arif Suprianto, S.Sos selaku Ketua Bawaslu Kabupaten Kebumen menjelaskan bahwa setiap TPS  sudah disiapkan pengawas dengan dibekali bimbingan teknis dan kesiapan yang matang. Di masa tenang sudah melakukan pembersihan APK bersama satpol PP dan Disnas Perhubungan, sampai saat ini masih dilakukan proses pembersihan APK. Sehingga diharapkan selesai pada malam hari ini, hal ini dikarenakan beberapa kendala lapangan seperti posisi baliho yg sulit dijangkau. Bawaslu juga melakukan patroli pengawasan untuk membatasi ruang gerak Parpol untuk kampanye. Bawaslu berharap Pemilu 2019 ini selain berjalan dengan lancar juga berharap pelanggaran Pemilu dapat ditekan. Sehingga tercipta suasana yang kondusif hingga rekapitulasi penghitungan suara berlangsung.

Bupati Kabupaten Kebumen, KH. Yazid Mahfudz menyampaikan harapan terkait tingkat partisipasi pemilih dapat meningkat dan mencapai target sampai 80%, melebihi Pilgub 2018 lalu. Selain itu juga mengharapkan bahwa pesta demokrasi dapat berjalan sesuai dengan aturan yang disepakati bersama. Sehingga tercipta pesta demokrasi yang sukses, aman dan kondusif. Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada KPU, Bawaslu, Polres, PLN dan pihak terkait lainnya di Kabupaten Kebumen,yang telah berdedikasi tinggi satu tujuan untuk kelancaran Pemilu 2019 tanpa halangan apapun. 

Setelah acara rakor usai dilanjutkan dengan monitoring kesiapan pemilu dan logistik ke sejumlah titik yaitu beberapa Kecamatan  di Kabupaten Kebumen.Monitoring didampingi oleh Polres Kebumen dan Dinas Instansi terkait.