Polling

Bagaimanakah kinerja instansi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Rakor Evaluasi Penyelenggaraan Pilgub Jateng Tahun 2018

Berita Terbaru 01 September 2018 11:41:45 WIB dibaca 249 kali

        Kebumen - Berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Perpu no 1 Tahun 2014, tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjadi UU uang diubah terkahir dengan UU Nomor 10 tahun 2016 serta PKPU nomor 2 tahun 2018 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur, Bupati-Wakil Bupati dan atau Walikota-Wakil Walikota maka KPU Kabupaten Kebumen menyelenggarakan rapat koordinasi evaluasi pelaksanaan Pilgub Jateng Tahun 2018 pada hari Jumat tanggal 31 Agustus 2018 pukul 09.00 WIB di Ruang Jatijajar Pendopo Bupati Kebumen.

        Acara dihadiri oleh perwakilan Plt Bupati Kabupaten Kebumen, Adman, SE. perwakilan Polres Kebumen yaitu Kompol Cipto Rahayu, Dandim 0709 Kebumen, Camat se-Kabupaten Kebumen dan media.

        Sambutan Ketua KPU Kabupaten Kebumen, Paulus Widiantoro, SE,MM dilanjutkan dengan sambutan Plt Bupati Kebumen yang menyampaikan bahwa mengucapkan apresiasi yang dapat digunakan sebagai ajang evaluasi karena dalam tahapannya Pilgub Jateng telah berjalan lancar, aman dan kondusif. Selanjutnya adalah penyampaian evaluasi oleh perwakilan Kapolres Kabupaten Kebumen, Kompol Cipto Rahayu. Dalam penyampaiannya dijelaskan bahwa dalam rangkaian Pilgub Jateng 2018 berjalan man dan terkendali. Dasar yang digunakan dalam peta keamanan yaitu PKPU Nomor 1 Tahun 2017. Kesiapan yang dilakukan diantarannya yaitu penanggulangan atau simulasi anarkis dan deklarasi damai Pilgub Jateng 2018. Keamanan yang menjadi perhatian adalah pada masa kampanye dan masa pemungutan suara. Selain itu juga Polres terus mendampingi saat masa distribusi logistik hingga rekapitulasi penghitungan suara. Keterlibatan TNI, Linmas, Banzer, dll menjadi unsur penting dalam terselenggaranya Pilgub Jateng secara aman dan kondusif.

        Dandim 0709 Kabupaten Kebumen menyampaikan melalui perwakilannya yaitu Kapten Patri Bambang M bahwa selama Pilgub Jateng 2018 sudah melaksanakan tugas dengan lancar dalam memback-up Polres Kebumen serta mewaspadai daerah rawan dengan melakukan operasi gabungan yang dilaksanakan setiap hari. Selanjutnya adalah Ketua KPU Kabupaten Kebumen, Paulus Widiyantoro, SE, MM yang menyampaikan evaluasi Pilgub Jateng 2018 terkait dengan tahapan persiapan hingga tahapan rekapitulasi penghitungan suara. Dalam perekrutan badan penyelenggara yaitu PPK, PPS, dan KPPS terdapat permasalahan dengan pembatasan 2 periode karena kesulitas dalam mencari SDM yang memenuhi kualifikasi. Selain itu juga tingkat partisipasi yang belum memenuhi target nasional yaitu 75%, serta kesulitan untuk mendapatkan gudang untuk penyimpanan logistik yang memadai.