Polling

Bagaimanakah kinerja instansi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

KPU Kebumen Bentuk Relawan Demokrasi

Berita Terbaru 10 Januari 2019 13:32:57 WIB dibaca 709 kali

Kebumen - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kebumen akan membentuk Relawan Demokrasi guna membangun kesadaran dan tanggung jawab masyarakat dalam mensukseskan pelaksanaan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden/wakil presiden yang akan dihelat pada 17 April 2019 mendatang. Relawan Demokrasi ini nantinya sebagai salah satu ujung tombak dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat pemilih agar mau menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani,  tanpa ada tekanan, intimidasi atau jual suara untuk memenangkan salah satu calon peserta pemilu. Demikian siaran pers yang diterima IN Fm dari KPU Kebumen, Rabu (9/1) malam.


Dalam siaran pers disebutkan, KPU Kebumen kini tengah menjaring tim Relawan Demokrasi dari berbagai unsur masyarakat melalui beberapa tahapan tes sebelum benar-benar dikukuhkan sebagai mitra KPU.


"Relawan Demokrasi diharapkan nantinya dapat berperan secara efektif dan efisien menjadi mitra KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih berdasarkan 11 basis sasaran. Adapun 11 basis sasaran tersebut adalah basis keluarga, pemula, kelompok muda, perempuan, disabilitas, kelompok berkebutuhan khusus, kaum marjinal, komunitas tertentu, keagamaan, komunitas demokrasi serta warganet. 


Bagi masyarakat yang ingin bergabung menjadi Relawan Demokrasi wajib memenuhi persyaratan-persyaratan yang ditentukan oleh KPU RI berdasarkan UU no 7 tahun 2017 tentang pemilu dan PKPU no 10 tahun 2018 Tentang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum. 


Adapun pelaksanaan tahapan perekrutan dijadwalkan mulai tanggal 10 Januari 2018 sampai dengan 16 Januari 2018, kemudian dilanjutkan dengan seleksi administrasi dan wawancara. Sedangkan pengumuman akhir dijadwalkan tanggal 21 Januari 2018. 


Bagi masyarakat yang berminat untuk bergabung dalam tim Relawan Demokrasi bisa mengakses web KPU Kabupaten Kebumen www.kpu.kebumenkab.co.id. dalam web termuat tentang ketentuan dan persyaratan untuk bergabung menjadi Relawan Demokrasi mitra KPU. (kpu)