Polling

Bagaimanakah kinerja instansi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

KPU Kabupaten Kebumen Uji Coba Situng II

Berita Terbaru 02 April 2019 16:02:47 WIB dibaca 300 kali

Kebumen – Uji coba Sistem Informasi Perhitungan Suara (Situng) ke II dalam Pemilu Tahun 2019 dilaksanakan sesuai dengan jadwal yaitu pada hari Selasa, 2 April 2019 pukul 10.00 WIB di Kantor KPU Kabupaten Kebumen. Proses uji coba Situng dilakukan sebanyak 3 (tiga) kali. Uji coba Situng yang pertama dilaksanakan pada tanggal 23 Maret 2019 yang masih ada kekurangan di sistem aplikasi entry dan pindai, kedua pada hari ini, dan ketiga akan dilakukan pada tanggal 10 April 2019.

Uji coba Situng KPU Kabupaten Kebumen bekerjasama dengan AMIK PGRI Kabupaten Kebumen. Sejumlah 25 mahasiswa dikerahkan untuk membantu menyukseskan uji coba Situng Tahap II tersebut. Proses pemindaian dan memasukkan data (entry) hasil penghitungan suara pada model C dan C1. Form Model C merupakan Berita Acara pemungutan dan penghitungan suara. Sedangkan model C1 merupakan hasil penghitungan suara pada setiap TPS. Entry data meliputi model C1-PPWP (Pemilu Presiden dan Wakil Presiden), C1-DPR (Dewan Perwakilan Rakyat), C1-DPRD Provinsi, dan C1-DPRD Kabupaten/Kota.

Menurut Komisioner KPU Kabupaten Kebumen Divisi Teknis Penyelenggara, Danang Munandar, SE., menyampaikan bahwa situng merupakan salah satu bentuk transparasi penghitungan suara kepada masyarakat serta dapat memantau dengan baik hasil penghitungan suara. Untuk itu diperlukan kerjasama dan fokus dalam melaksanakan kegiatan Situng tersebut. Selain itu juga dibutuhkan kenetralan bagi mahasiswa bahwa salah satu persyaratan adalah tidak terdaftar manjadi anggota atau pengurus Partai Politik.

Lilik Budiyono, S.Sos selaku Kasubag Teknis dan Humas menambahkan diperlukannya kejujuran dan profesionalitas oleh mahasiswa dalam melaksanakan tugas tersebut. Uji Coba Situng dapat menjadi wadah untuk mengukur kecepatan waktu dalam memindai dan menginput data pada setiap TPS.

Untuk mengoperasikan aplikasi Situng ini, melibatkan beberapa orang seperti  koordinator situng, verifikator, dan operator . Koordinator Situng dipegang oleh Lilik Budiono, S.Sos, Verifikator oleh Soleh, SE dan Operator Utama adalah Rizkia Farikha, S.I.Kom.

Proses uji coba Situng ke II yang dilakukan berjalan baik. Tim Situng berhasil melakukan input data dari hasil C1 yang diujukan dengan target sebanyak 83 TPS. Meskipun demikian, pihaknya akan terus melakukan evaluasi dan  peningkatan sehingga dapat optimal pada hari pemungutan suara yang akan datang.