Polling

Bagaimanakah kinerja instansi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Kebumen - Salah satu bidang kritikal dalam kepemiluan yang menjadi sorotan masyarakat adalah pendataan pemilih. Perkembangan dunia IT dimanfaatkan sebagai sarana efisien yang digunakan KPU terus dikembangkan. Untuk itu, KPU membekali SDM PPK melalui bimbingan teknis Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) dan Proses Unggah Data Pada Pemilihan Bupati Kebumen tahun 2020, Senin(29/06).

Bimtek yang dihadiri oleh PPK 13 Kecamatan itu dimulai pada pukul 09.00 WIB di Aula Kantor KPU Kabupaten Kebumen. Adapun PPK Kecamatan yang datang antara lain Ambal, Bulus pesantren, Buayan, Karanggayam, Alian, Sruweng, Kebumen, Mirit, Petanahan, Klirong, Sempor, Puring dan Ayah. Untuk 13 Kecamatan lainnya akan diadakan bimtek pada hari berikutnya, mengingat keterbatasan ruang aula di kantor KPU Kabupaten Kebumen. Hal ini berkaitan dengan protokol Kesehatan Covid-19 yang menerapkan aturan PSBB. 

Yulianto, M. Kom selaku Ketua KPU Kabupaten Kebumen dalam pembukaannya menyampaikan bahwa proses rekruitmen PPDP dalam masa pandemi ini harus sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19. Salah satunya adalah akan dilakukan rapid tes untuk PPDP dan PPS yang diperkirakan tanggal 11-12 Juli 2020 mendatang. 

“Bimtek ini adalah sebagai tahapan selanjutnya setelah pemetaan TPS. Diharapkan semuanya mematuhi standar protokol Covid dan menjaga kesehatan ditengah pandemi. Salah satu yang KPU lakukan untuk pencegahan adalah rapid tes khususnya untuk PPS dan PPDP”, ujar Yulianto.

Dzakiatul Banat, M. Pd. Menyampaikan proses selanjutnya setelah pemetaan TPS adalah unggah sidalih. Menggunakan drafting data hasil pemetaan TPS. Proses unggah data tersebut perlu diperhatikan khusus. Misalnya soal pemutakhiran data pemilih yang tidak terbatas pada persoalan data dan angka, tetapi juga mampu mempelajari kondisi di lapangan, di media sosial, di media massa, baik secara sosial maupun politik. Harapannya kualitas SDM kepemiluan benar-benar memahami fungsi dan manfaat teknologi di dalam mendukung pelaksanaan Pilbup Kebumen 2020.