Polling

Bagaimanakah kinerja instansi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Kebumen – Berdasarkan PKPU RI Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020, KPU Kabupaten Kebumen melakukan pendidikan pemilih pemula dan sosialisasi Pilbup Kabupaten Kebumen Tahun 2020 kepada siswa siswi di MAN 4 Kebumen, Gombong pada Sabtu  (30/11/2019).  

Sosialiasasi yang bertemakan “KPU VISIT” merupakan program sosialisasi pendidikan pemilih pemula yang berisi dialog interaktif antara pemateri yaitu Komisioner KPU dengan para siswa. Pemilih pemula merupakan Warga Negara Indonesia yang pada hari pemilihan atau pemungutan suara sudah genap berusia 17 tahun atau lebih, dan/atau sudah/pernah menikah sebelumnya. Sosialisasi kepada pemilih pemula ini bertujuan untuk menekan angka golongan putih (golput) dengan menamkan pentingnya pendidikan pemilih untuk Pilbup Tahun 2020 mendatang. 

Anggota KPU Kabupaten Kebumen, Solahudin, ST menyampaikan materi sosialiasinya yang dimulai pada pukul 12.30 WIB. Dalam pemaparan materi sosialisasinya di menyampaikan bahwa pemilih pemula harus didorong dan diberikan pemahaman terkait pentingnya penggunaan hak suara dalam Pemilihan Bupati mendatang. Dalam sosialisasi kepada kurang lebih 65 siswa tersebut juga disampaikan terkait pemilu, sarana pemilu, demokrasi dan partsipasi masyarakat. Selain itu juga memberikan pengetahuan tentang Rumah Pintar Pemilu (RPP) sebagai bentuk sarana pengenalan KPU kepada masyarakat sekaligus sarana pendidikan demokrasi pemilu serta meningkatkan pengetahuan dan kesadaran serta partisipasi masyarakat dalam pemilu. Selain itu juga disampaikan tentang pentingnya terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). DPT merupakan sebagian bagian utama dari sistem pemilu untuk menjaga kedaulatan pemilih. KPU berkewajiban secara maksimal menysun dan menyempurnakan DPT demi legitimasi penyelenggara pemilu yang LUBER JUDIL. Sehingga diperlukan seluruh peran aktif dan partisipasi masyarakat dalam penyusunan DPT. 

Sejarah pemilu di Indonesia disampaikan untuk menanamkan pengetahuan asal usul pemilu di Indonesia. Sosialisasi pendidikan pemilih pemula sangat diperlukan agar mereka menggunakan hak suara secara tepat dan berkualitas. Penanaman nilai-nilai demokratis perlu digencarkan untuk mendorong antusiasme pemilih pemula untuk meningkatkan partisipasi masyarakat. Dengan tidak turut serta mencederai pemilu dengan berita hoax, intimidatif, SARA dan kebencian antar pendukung calon. Pemilih pemula harus peduli dan terlibat dalam pemantauan dan pengawasan penyelenggaraan pemilu, dengan tujuan menjaga sekaligus memlihara kenyamanan dan keamanan pelaksanaan pemilu. 

Harapannya peserta sosialisasi tersebut dapat menyebarluaskan informasi terkait tahapan, jadwal dan program Pilbup Tahun 2020 serta meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran masyarakat terkait hak dan kewajiban dalam Pemilihan Kepala Daerah. Sosialisasi ini juga menjadi sarana pendidikan politik dan demokrasi bagi siswa dalam upaya membentuk warga negara yang  demokratis dan bertanggung jawab. Serta mempunyai pengetahuan dan kesadaran yang cukup tentang calon yang dipilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kebumen Tahun 2020.