Polling

Bagaimanakah kinerja instansi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

        Kebumen - Dalam rangka evaluasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018 maka KPU Kabupaten Kebumen menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) pada pukul 09.00 WIB hari Senin tanggal 27 Agustus 2018 di Ruang Puring Hotel Candisari Karanganyar, Kebumen.

        Acara tersebut turut mengundang Partai Politik pengusung dalam Pilgub Jateng Tahun 2018, Pokmas se-Kabupaten Kebumen Penyelenggara Pemilu yang meliputi PPK, PPS, dan KPPS sebagai perwakilan dari segi geografis atau wilayah, selain itu juga turut mengundang media.

        Acara dibuka dengan laporan panitia penyelenggara oleh Bambang Budi Hartoko, SH. selaku Sekretaris KPU Kabupaten Kebumen. Selanjutnya sambutan dari Ketua KPU Kabupaten Kebumen, Paulus Widiantoro, SE, MM dan dimoderatori oleh Khusnul Khotimah, S.Sos selaku Anggota KPU Kabupaten Kebumen Divisi Teknis. 

        FGD tersebut membahas mengenai evaluasi pelaksanaan Pilgub Jateng Tahun 2018 dalam 4 (empat) tahapan. Tahapan yang dimaksud diantaranya adalah tahapan persiapan, pemungutan dan penghitungan suara, tahapan pemutakhiran data pemilih, tahapan sosialisasi dan tahapan rekapitulasi hasil. Tahapan persiapan khususnya dalam pembentukan PPK, PPS dan KPPS terdapat ketentuan dalam PKPU nomor 7 Tahun 2017 yang menyebutkan usia minimal adalah 17 tahun ke atas dan maksimal dua kali periode dalam setiap tingkatan atau jabatan. Untuk usia tersebut dalam FGD masih dianggap terlalu muda karena masih pemilih pemula dan diharapkan undang-undang dapat direvisi. Periodesasi jabatan sebagai bentuk regenerasi dianggap sebagai masalah yang dipengaruhi oleh faktor SDM yang sulit ditemukan terutama di desa. Selain itu juga pembentukan badan penyelenggara terkendala dengan persyaratan di legalisasi ijasah. Maka diharapkan kepada tokoh-tokoh yang hadir dalam FGD dapat mengerahkan masyarakat di lingkungan sekitar untuk dapat menjadi penyelenggara pemilu.

        Tahapan pemutakhiran data pemilih upaya KPU Kabupaten Kebumen untuk memperbaiki data pemilih dimulai dari pendataan pemilih yang dilakukan petugas PPDP, pendampingan Gerakan Coklit Serentak, penyusunan DPS dan pengumuman di tempat strategis. Melakukan uji publik dengan tokoh masyarakat. Namun, masih ada pemilih yang tercecer yaitu tidak terdaftar, terdaftar namun seharusnya tidak terdaftar dan sebagainya. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor kesalahan pencatatan NIK dan ketidaktelitian.Tahapan selanjutnya adalah sosialisasi dimana tahapan ini menjadi tahapan yang sangat penting dan mendapat perhatian penuh dari KPU Kabupaten Kebumen karena partisipasi pemilih dari pemilu ke pemilu semakin menurun, hal ini upaya KPU Kabupaten Kebumen dalam penyelenggaraan Pilgub Jateng 2018 banyak melipatkan pihak dan menyasar ke komunitas-komunitas masyarakat.

        Tahapan pemungutan suara KPU Kabupaten Kebumen telah melakukan memperbaiki tata kelola distribusi penyelenggaraan, fasilitasi pelayanan di TPS dengan membentuk TPS ramah bagi penyandang disabilitas dalam mengggunakan hak pilihnya, serta pelayanan di RS, Puskesmas rawat inap, dan rutan. Tingkat partisipasi Pilgub Jateng 2018 mencapai 64,87 % yaitu sebanyak 681.319 orang yang menggunakan hak pilihnya. Sedangkan yang tidak menggunakan hak pilihnya sebanyak 368.901 orang. Tahapan terakhir yaitu rekapitulasi suara Pilgub Jateng 2018 di Kabupaten Kebumen yaitu Paslon 1, Ganjar Pranowo-Taj Yasin : 292.238 suara dan Paslon Nomor 2, Sudirman Said- Ida Fauziyah : 365.547 suara.

        Sampai dengan pelaksanaan Pilgub Jateng Tahun 2018 berjalan dengan kondusif namun ada beberapa kendala dan permasalah. Sehingga hal ini perlu adanya upaya perbaikan sebagai dasar untuk penyelenggaraan yang lebih baik pada Pemilu kedepannya.