Polling

Bagaimanakah kinerja instansi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Kebumen - Untuk mendorong partisipasi politik penyandang disabilitas, KPU Kabupaten Kebumen menggelar kegiatan bertajuk “Deklarasi Pemilu Inklusif”, Rabu (6/11). Kegiatan ini dimaksudkan sebagai pendidikan pemilih sekaligus mendorong keterlibatan penyandang disabilitas di  wilayah Kabupaten Kebumen untuk turut serta aktif dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kebumen Tahun 2020.

Dalam pelaksanaan pemilu,  hak dan kewajiban politik para penyandang disabilitas dijamin oleh negara. Hal ini termaktub dalam UU Nomor 7 Tahun 2019 pasal 5 yang menyebutkan bahwa penyandang disabilitas yang memenuhi syarat mempunyai kesempatan yang sama dalam pemilu, baik sebagai pemilih, kandidat, maupun penyelenggara.

Berdasarkan data Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019, penyandang disabilitas di Kabupaten Kebumen tercatat sebanyak 2.744 orang yang terbagi dalam kategori tuna daksa 635 orang, tuna netra 609 orang, tuna rungu 645 orang, tuna grahita 433 orang dan lainnya 422 orang.

Seiring dengan hal tersebut KPU Kabupaten Kebumen secara sinergi   memberikan perhatian dan akses seluas-luasnya bagi keterlibatan atau partisipasi masyarakat penyandang disabilitas dalam kehidupan berdemokrasi,  khususnya dalam rangka menyongsong Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kebumen 2020.

Kegiatan yang diselenggarakan di Bale Petanahan, Hotel Candisari Karanganyar Kebumen ini dimulai pukul 09.30 hingga selesai. Narasumber yang dihadirkan yaitu Diana Ariyanti, S.P. selaku anggota Komisioner KPU Provinsi Jawa Tengah dan Kepala Dinsos Kabupaten Kebumen yang diwakili oleh Kinanto, S.I.P. sekretaris Dinsos Kabupaten Kebumen dengan moderator dari Komisioner KPU Kabupaten Kebumen yaitu Agus Hasan Hidayat, S.Si., M.T. Dalam kegiatan ini KPU Kabupaten Kebumen mengundang berbagai kelompok yang menaungi para penyandang disabilitas di wilayah Kabupaten Kebumen. Acara berlangsung semarak dimeriahkan penampilan seni dan peragaan busana dari warga disabilitas kebumen.