Polling

Bagaimanakah kinerja instansi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Bhayangkari Cabang Kebumen mendapatkan sosialisasi pemilu serentak 2019

Berita Terbaru 18 Februari 2019 11:29:36 WIB Administrator dibaca 187 kali

Tinggal 60 hari lagi perhelatan demokrasi akbar di Indonesia yaitu pemilu serentak 2019 untuk memilih pasangan Presiden dan Wakil Presiden  serta anggota legislatif dilaksanakan. Terkait hal tersebut KPU kabupaten Kebumen gencar melaksanakan sosialisasi tahapan dan pendidikan bagi pemilih serta meningkatkan partisipasi masyarakat kepada segenap segmen pemilih. Kali ini sosialisasi dilaksanakan di lingkungan keluarga kepolisian yakni Bhayangkari cabang kebumen.

Sosialisasi ini dilaksanakan pada hari minggu, tanggal 16 Februari 2019, pukul 09.00 wib bertempat di aula Tribrata komplek Mapolres Kebumen. Hadir sekaligus membuka acara pada kegiatan tersebut Wakil Ketua Bhayangkari Cabang kebumen Ibu Dina Prayudha mewakili Ketua Bhayangkari cabang Kebumen ibu Joise Pardede yang berhalangan hadir karena sedang berada diluar kota. Selanjutnya setelah acara pembukaan langsung diisi sosialisasi pemilu serantak 2019 yang disampaikan oleh komisioner KPU kabupaten kebumen Agus Hasan Hidayat, S.Si., M.T. selaku Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipsi Masyarakat.

Materi sosialisasi diantaranya terkait tahapan pemilu terutama tahapan kampanye dimana sebagai istri para anggota Polri aktif tentu perlu memahami regulai terkait posisi para suami yang diwajibkan netral pada seluruh tahapan penyelenggaraan pemilu di indonesia. Sedangkan sebagai anggota Bhayangkari pra istri anggota polri ini tetap memiliki hak dan kedaulatan sebagai pemilih yang berdaulat. Materi lainnya disampaikan pula terkait ragam dan jenis surat suara yang digunakan serta tata cara mencoblos dalam pemilihan umum serentak 2019. Hal ini dimaksudkan agar para anggota Bhayangkari lebih memahami terkait pelaksanakaan hak konstitusionalnya sebagai bagian dari rakyat indonesia yang memiliki kedaulatan dalam menentukan siapa pemimpin dan wakil rakyat yang diinginkannya.

Agus Hasan Hidayat juga mengajak agar para anggota Bhayangkari sebagai tokoh masyarakat dapat berperan aktif dan berpartisipasi dalam mensukseskan pelaksanaan pemilu serentak 2019 dengan jalan memberikan pemahaman yang baik dan benar kepada masyarakat di lingkungannya masing-masing tentang apa itu pemilu, bagaimana pemilu dilaksanakan dan hal apa saja yang dilarang dan diperbolehkan dalam pemilu serta bagaimana pula cara mencoblos di TPS agar suara sah dan tidak keliru dalam tata cara pencoblosannya.

Acara ini ditutup dengan sesi diskusi dan tanya jawab terkait kepemiluan dan dinamikanya di masyarakat yang berlangsung cukup semarak dan dinamis dengan hal-hal kongkrit dan faktual terjadi di masyarakat. Pada ujung acara ditutup dengan doa oleh salah satu anggota Bhayangkari cabang Kebumen.