Polling

Bagaimanakah kinerja instansi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

KPU Kebumen Gelar Camping Kepemiluan, sebuah Pendidikan Pemilih Berbasis Kepemudaan

Berita Terbaru 08 Desember 2019 07:56:36 WIB Dyah Ayu Kartika Dewi dibaca 70 kali

Kebumen - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kebumen, menggelar acara pendidikan pemilih berbasis kepemudaan yang dikemas dalam kegiatan bertauk Camping Kepemiluan di Dolan Ndeso, Kalibawang, Kulonprogo selama 2 hari mulai Sabtu (7/12) hingga Minggu (8/12). Kegiatan ini diikuti oleh 71 peserta dari perwakilan beberapa Sekolah Tinggi, Organisasi Kepemudaan, Agama, Mahasiswa dan Media Massa se-Kabupaten Kebumen. 

Anggota KPU Kabupaten Kebumen Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM, Agus Hasan Hidayat, MT mengatakan dalam sambutannya bahwa kegiatan pendidikan pemilih kali ini bertujuan untuk memberikan informasi kepemiluan kepada para pemuda yang nantinya dapat berpartisipasi dalam pemilu. “Kalian semua disini dapat berpartisipasi tidak hanya sebagai pemilih namun juga bisa sebagai penyelenggara atau bahkan peserta pemilihan suatu saat nanti,”jelasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Kebumen, Yulianto, M.Kom berharap selepas dari kegiatan camping ini para peserta dapat menyebarkan ilmu yang didapatkannya di lingkungan masing-masing sehingga semakin banyak masyarakat yang paham mengenai seluk beluk pemilu. “Kami sangat berharap para peserta dapat menduplikasi dan meneruskannya kepada rekan-rekan di lingkungan organisasi masing-masing,” katanya.

Kegiatan Camping kepemiluan terbagi menjadi 2 sesi. Pada hari pertama, para peserta diberikan materi tentang seluk beluk penyelenggaraan pemilu. Mulai dari teknis penyelenggaraan, pendidikan pemilih, hukum pemilu, daftar pemilih hingga logistic pemilu. Seluruh materi disampaikan langsung oleh Ketua dan anggota Komisioner KPU Kebumen sesuai divisi yang dibidanginya. Selanjutnya, pada hari berikutnya peserta diajak mengikuti kegiatan outbond yang mengusung semangat kerjasama, kepemimpinan, organisasi, konsentrasi, tanggungjawab dan ketelitian. Selain itu peserta juga diajak untuk mengadu nyali dengan kegiatan body rafting.

Seluruh peserta nampak antusias mengikuti setiap tahapan acara, baik pembekalan materi maupun outbond. Salah seorang peserta, Viki Adi Saputra yang merupakan perwakilan Pemuda Muhammadiyah Kebumen, mengaku sangat terkesan dengan kegiatan ini. Setelah mengikuti kegiatan ini, ia menjadi tahu bahwa pemilu ternyata bukan hanya sekedar mencoblos surat suara, namun sebuah proses panjang yang rumit. Ia berharap, ke depannya ada kegiatan lanjutan berupa praktek lapangan sehingga peserta tidak hanya membayangkan namun juga tahu fakta di lapangan.

Senada dengan Viki, Siti Ulfiatur Rohmah yang merupakan perwakilan dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kebumen, mengaku sangat senang berkesempatan mengikuti kegiatan ini. Ia juga menghimbau kepada rekan-rekannya untuk mewujudkan harapan KPU yaitu dengan menyebarkan informasi yang didapat kepada lingkungan sekitarnya. “Saya berharap KPU juga menyelenggarakan kegiatan seperti ini kepada kelompok-kelompok lain selain pemuda, sehingga semakin banyak masyarakat yang paham tentang pemilu yang sebenarnya,” ujarnya.

Seluruh rangkaian acara Camping Kepemiluan diakhiri dengan makan siang bersama, penyampaian kesan dan pesan dari peserta lalu ditutup dengan kata penutupan dari Ketua KPU Kebumen. Selanjutnya seluruh peserta dan panitia menuju kendaraan yang telah disiapkan untuk pulang ke Kebumen bersama-sama.