Polling

Bagaimanakah kinerja instansi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

KPU Kabupaten Kebumen resmikan Umah Pemilu, Kamis (30/3), di Kantor KPU Kabupaten Kebumen, Jl. Arungbinang No. 14 Kebumen. Umah Pemilu merupakan Program Prioritas Nasional Rumah Pintar Pemilu yang digagas oleh KPU RI demi memudahkan akses informasi masyarakat terhadap data-data kepemiluan.

Umah Pemilu sendiri berasal dari bahasa lokal Kebumen yang berarti rumah, dalam hal ini bisa juga diartikan sebagai pusat, perpustakaan atau museum yang memuat sejarah, arsip dan dokumentasi terkait peristiwa kepemiluan. Di dalam Umah Pemilu ini terdapat data-data mencakup sejarah, sistem, tahapan dan peserta pemilu hingga proses pemilihan dari masa ke masa (mulai tahun 1955 - sekarang).

Ketua KPU Kabupaten Kebumen, Paulus Widiyantoro, SE, MM dalam sambutannya mengatakan Umah Pemilu dipersembahkan bagi seluruh masyarakat Kebumen. "Umah Pemilu terbuka bagi siapa saja yang ingin memperoleh informasi dari KPU. Baik itu secara pribadi, pelajar, kelompok ataupun anggota partai boleh kesini dan meminta informasi,"jelasnya.

Lebih lanjut, Paulus menjelaskan tujuan dibentuknya Umah Pemilu, selain sebagai wujud keterbukaan informasi publik juga untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Di Kabupaten Kebumen, partisipasi pemilih masih di bawah 80% bahkan pernah di angka 57%. Hal tersebut tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi KPU sebagai penyelenggara pemilu. Dengan adanya Umah Pemilu ini, diharapkan masyarakat akan lebih memahami arti penting pemilu bagi masa depan bangsa dan negara.

Dalam kesempatan ini pula diselenggarakan Seminar Pendidikan Pemilih bagi perwakilan siswa/siswi SMA/SMK se-Kabupaten Kebumen. Hadir sebagai narasumber adalah Suratno (Ketua Panwaskab Kebumen pada Pilkada 2015) dan Cipto Rahayu (Kasat Intel Polres Kebumen).

Suratno menyampaikan materi berjudul Pemilu sebagai Pilar Demokrasi. Dalam paparannya, dia menjelaskan Pemilu merupakan wujud demokrasi yang menjamin estafet kepemimpinan berjalan secara prosedural sesuai peraturan dan perundang-undangan. Dengan adanya Umah Pemilu diharapkan KPU tidak hanya menjadi lembaga penyelenggara pemilu namun sekaligus sebagai lembaga pendidikan pemilu. Lebih lanjut, dia juga berharap Umah Pemilu dapat menjadi Laboratorium Pemilu bagi semua kalangan baik pelajar, orang tua, guru, media, pemerintah, parpol dan lain sebagainya untuk belajar tentang pemilu.

Sementara itu Kasat Intel Polres Kebumen, Cipto Rahayu, menyampaikan materi berjudul Peran Polri dalam Pemilu. Dalam kesempatan ini Cipto mengingatkan kepada para calon pemilih pemula khususnya, agar dapat menjadi pemilih cerdas dan tidak tergoda untuk memilih karena imbalan (money politic).

Acara Launching Umah Pemilu ini dihadiri oleh 100-an peserta dari siswa-siswi SMA/SMK se-Kabupaten Kebumen. Prosesi pengguntingan pita dilaksanakan sebagai simbol diresmikannya Umah Pemilu KPU Kabupaten Kebumen. Kepala Kesbangpol Kabupaten Kebumen, Nur Takwa didaulat sebagai penggunting pita didampingi oleh Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Kebumen dan disaksikan oleh segenap tamu undangan.