Arsip Berita Terbaru

Polling

Bagaimanakah kinerja instansi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Dalam rangka penataan arsip, KPU Kebumen kerahkan seluruh pegawai untuk melaksanakan kerja bakti. Kerja bakti dilaksanakan mulai hari Rabu (5/04) dan masih berlanjut hingga hari ini, Jumat (7/04).

Kasubbag Keuangan Umum dan Logistik (KUL), Handoyo S.Sos, menjelaskan tujuan penataan arsip ini adalah untuk mengawali pengelolaan arsip yaitu dengan memilah antara arsip lama dan arsip baru sehingga memudahkan penemuan arsip yang dibutuhkan dan mempermudah dalam pengelolaan arsip sesuai dengan tata kelola kearsipan. "Arsip tahun 2013 dan sebelumnya kami pindahkan ke gudang belakang, sementara arsip tahun 2014 hingga sekarang kita rapikan disini (Ruang Arsip-red)," jelasnya.

Sebagai informasi, saat ini KPU Kebumen mempunyai satu ruang untuk tempat penyimpanan arsip (berbentuk dokumen) baik kegiatan rutin maupun tahapan pemilu dan satu gudang untuk tempat penyimpanan perlengkapan pemilu. Sebelum dilakukan penataan arsip, ruang arsip yang ada sudah penuh karena harus menampung arsip dari tahun ke tahun. Oleh sebab itu sebagian arsip harus dipindahkan ke gudang agar arsip baru dapat dimasukkan.

Sementara itu kondisi gudang sendiri juga sudah hampir penuh. Barang-barang eks-pemilu seperti surat suara, bilik suara terbuat dari kardus yang masih layak walaupun sudah dipergunakan 3 kali pemilu sudah hampir memenuhi ruangan. Bahkan kotak dan bilik suara yang terbuat dari aluminium terpaksa diletakkan di area terbuka dengan kondisi yang memprihatinkan.

Lebih lanjut, Handoyo memaparkan, bahwa di tahun 2016 KPU Kebumen sudah mengusulkan penghapusan surat suara ke KPU RI, namun dalam DIPA tahun 2017 masih belum dianggarkan. "Jika tidak dianggarkan dari pusat, rencananya kami akan melakukan revisi DIPA tahun 2017,"jelasnya. Penghapusan surat suara ini sebagai upaya pengurangan barang-barang eks-pemilu yang memenuhi ruangan. Sehingga nantinya ruangan dapat dimanfaatkan lebih efisien.

Selain penghapusan surat suara, KPU Kebumen juga masih membutuhkan prasarana pendukung kearsipan lainnya seperti rak besi dan box arsip dalam jumlah banyak. Anggaran yang tersedia saat ini belum mencukupi untuk menata seluruh arsip, mengingat KPU mempunyai arsip yang sangat banyak dan beragam. Harapannya, ke depan KPU RI mengalokasikan anggaran yang lebih untuk pengelolaan arsip sehingga arsip-arsip yang ada dapat disimpan sebagaimana mestinya.