Polling

Bagaimanakah kinerja instansi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

        Kebumen - Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2018 tentang Rekapitulasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota, maka KPU Kabupaten Kebumen menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018 pada hari Rabu tanggal 04 Juli 2018 pukul 09.00 WIB di Hotel Mexolie Kebumen Jl. Pemuda, Panjer, Kebumen.

        Rapat pleno dihadiri oleh Plt Bupati Kabupaten Kebumen, KH. Yazid Mahfudz, Kapolres Kabupaten Kebumen, Arief Bahtiar, Forkompimda Kabupaten Kebumen, Bawaslu Kabupaten Kebumen, Saksi Tim Paslon Nomor Urut 1 dan Nomor Urut 2, Camat se-Kabupaten Kebumen, serta Sekretaris dan PPK se-kabupaten Kebumen.

       Acara diawali dengan sambutan Ketua KPU Kabupaten Kebumen, Paulus Widiantoro, SE, MM. Beliau menuturkan bahwa rapat pleno terbuka ini adalah wadah untuk penyampaian hasil rekapitulasi penghitungan suara dalam Pilgub Jateng Tahun 2018.

        Sambutan Plt Bupati Kabupaten Kebumen menyampaikan bahwa pelaksanaan Pilgub Jateng Tahun 2018 telah berjalan baik, lancar dan aman berkat kerjasama dari semua pihak. Antusiasme masyarakat dalam berpartisipasi saat pesta demokrasi Pilgub Jateng Tahun 2018 juga dalam kondusif.

         Pembacaan Tata Tertib Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara disampaikan oleh Anggota KPU Kabupaten Kebumen, Khusnul Khotimah, S.Sos. KPU Kabupaten Kebumen melaksanakan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara
dalam rapat pleno setelah menerima kotak suara tersegel dari PPK. Pembukaan kotak suara tersegel disaksikan oleh seluruh undangan yang hadir, dilanjutkan dengan meneliti dan pembacaan formulir Model DA1-KWK oleh staf KPU Kabupaten Kebumen didampingi oleh Ketua PPK masing-masing kecamatan. Kemudian dicatat dalam formulir Model DB1-KWK.

        Angka partisipasi jumlah pemilih dari 1.050.220 orang, baru 681.319 orang yang mencoblos pada hari pemungutan suara. Sedangkan pemilih yang tidak menggunakan hak pilihnya adalah 368.901 orang. Berdasarkan formulir C6 maka dapat diperoleh angka partisipasi pada Pilgub Jateng Tahun 2018 mencapai 74,75%.

        Hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilgub Jateng Tahun 2018 di Kabupaten Kebumen yaitu :

  • Paslon No. 1, Ganjar Pranowo-Taj Yasin : 292.238 suara sah (44.43%)
  • Paslon No. 2, Sudirman Said-Ida fauziyah : 365.547 suara sah (55.57%)

        Acara ditutup dengan penandatanganan berita acara di tingkat Kabupaten Kebumen dalam formulir DB-KWK oleh Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Kebumen, serta saksi Paslon nomer urut 1 dan 2. Terakhir adalah penyerahan BA rekapitulasi tingkat kabupaten kepada Panwas Kabupaten Kebumen dan saksi.