Polling

Bagaimanakah kinerja instansi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Bakar Surat Suara Pilgub Jateng Tahun 2018

Berita Terbaru 26 Juni 2018 12:01:33 WIB dibaca 187 kali

        Kebumen - Menjelang Pilgub Jateng Tahun 2018 yang jatuh pada hari Rabu, 27 Juni 2018, KPU beserta Panwas Kabupaten Kebumen membakar kurang lebih sebanyak 5.000 Surat Suara di Halaman KPU Kabupaten Kebumen pada Senin, 25 Juni 2018 pukul 16.30 WIB.

        Pembakaran Surat Suara tersebut di dampingi oleh aparat yang bertugas untuk menjaga keamaan saat proses pembakaran berlangsung. Surat Suara yang dibakar adalah Surat Suara yang dinyatakan rusak atau tidak layak sesuai dengan peraturan. Surat Suara dibakar dengan tujuan untuk menghindari penyalahgunaan hasil sortir. 

        Pemusnahan Surat Suara tersebut merupakan transparasi penyelanggaraan Pemilu, dengan paling lambat pemusnahan adalah tanggal 26 Juni 2018. Kategori Surat Suara yang rusak adalah terdapat goresan, titik, tinta pudar, sobek, berlubang, kusut yang dipilih melalui proses pensortiran terlebih dahulu.

        Berdasarkan pernyataan dari Anggota KPU Kabupaten Kebumen Divisi Hukum, Solahudin DT menyampaikan bahwa dari hasil monitoring, masing-masing PPK se-Kabupaten Kebumen telah menyampaikan kecukupan Surat Suara. Surat Suara yang rusak disampaikan ke Provinsi dan telah diganti.